Minggu, 14 Februari 2016

Advokasi Dan Kesejahteraan Mahasiswa (ADVOKESMA) 

Divisi Advokesma merupakan Divisi yang menangani advokasi yang berhubungan dengan birokrasi dan kesejahteraan mahasiswa bidikmisi Universitas Negeri Malang. Divisi yang baiklho, Mengapa? Karena dengan bergabung divisi advokesma, secara tidak langsung Anda telah berbuat baik pula yaitu membantu dalam mengatasi permasalahan rekan-rekan bidikmisi di Universitas Negeri Malang, seperti pencairan, bidikmisi pengganti, informasi dari A3, dan lain sebagainya. Ooops... bukan hanya itu, Anda juga dapat berkontribusi kebaikan dengan menyejahterakan mereka lho.. tentu melalui proker-proker yang menarik dan bermanfaat. Seperti program kerja pada kepengurusan Formadiksi UM periode 2015 yaitu Kebijakan 1%, Bidikmisi Berbagi, Seminar Studi Lanjut, dan Manajemen Permasalahan Mahasiswa Bidikmisi UM (MPMBM UM). Dengan Divisi Advokesma, informasi maupun hal-hal yang membuat resah dan galau para penerima bidikmisi diharapkan dapat teratasi. 

 

Dana dan Usaha (Danus) 

Dana dan usaha atau yang biasa disebut Danus adalah salah satu dari lima devisi yang ada dalam Formadiksi UM. Devisi Dana dan Usaha memiliki peran yang penting dalam formadiksi karena Danus merupakan salah satu devisi yang tugasnya mencari dana dengan cara usaha/ berwirausaha. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Formadiksi UM adalah organisasi independen yang mandiri. Sebagai organisasi independen yang tidak mendapatkan bantuan dana dari pihak kampus, maka dalam melaksanakan berbagai program kerja yang membutuhkan banyak dana Danus hadir memberi solusi. Devisi Danus membantu menutupi kekurangan dana dengan berbagai cara, diantaranya melalui bidik misi aparel dan bidik misi jualan. Bidik misi aparel adalah kegiatan usaha yang dilakukan danus dalam menjual berbagai produk yang berasal dari formadiksi contohnya jaket. Sementara bidik misi jualan adalah kegitan jualan yang dilaksanakan pada saat acara wisuda kampus baik di semester genap, ganjil maupun semester pendek biasanya produk yang dijual adalah bunga. Dana yang terkumpul dari berbagai kegiatan usaha nantinya akan digunakan untuk menyokong berbagai kegiatan Formadiksi yang telah dirumuskan dalam program kerja. Kedepannya dengan adanya regenerasi diharapkan akan muncul inovasi baru yang dapat menjadikan Devisi Danus lebih baik lagi. Dapat mandiri mencukupi seluruh pendanaan yang diperlukan untuk mensukseskan program kerja Formadiksi UM, serta memberikan manfaat yang dapat dirasakan bagi seluruh mahasiswa bidik misi UM. 

 

 Divisi Informasi dan KomunikasI (Infokom).

 “Divisi apaan sih? Emang penting ya harus ada Infokom di Formadiksi?” “Paling Cuma update info-info tentang BM, kadang ada yang gak jelas, menuhin beranda facebook atau Cuma balesin komen kalau ada yang nanya” “Halah infokom, ngapain ada sih? Gitu-gitu doang, lagian kan gak semua bisa buka fb tiap hari” Aduh duh duh… Yang kayak gini nih yang salah merepresentasikan divisi Infokom. Jadi sebelum ada banyak kesalahpahaman tentang Infokom, marilah kita meluruskan fungsi dan tugas dari divisi yang mengemban beban berat demi beribu-ribu mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi Universitas Negeri Malang. Sesuai namanya, “Informasi dan Komunikasi” atau yang sering disebut divisi “gaib” ini bertugas untuk menyampaikan seluruh informasi yang ada, contohnya meluruskan kesimpangsiuran informasi kebidikmisian serta menjawab pengajuan pertanyaan yang diulang-ulang dan menghubungkan komunikasi antara mahasiswa bidikmisi dengan pihak UM cukup dengan mengakses akun-akun media sosial milik Formadiksi UM. Penggunaan media komunikasi yang bersifat virtual dan real time ini memudahkan informasi sampai ke telinga mahasiswa bidikmisi Universitas Negeri Malang secara menyeluruh. Di sini juga, kita dituntut untuk cerdas mendapatkan informasi yang berkualitas dari sumber terpercaya, kreatif dalam menyampaikan informasi, entah memakai pilihan kata yang menarik, atau ilustrasi gambar maupun video, dan bijaksana dalam merespon tanggapan-tanggapan positif dan negatif. Di divisi ini selain bisa melatih skill dalam design dan jurnalistik, juga bisa melatih kesabaran. Kesabaran kayak gimana? Rasakan sendiri sensasinya di divisi Infokom.  

Divisi minat dan bakat  

 Divisi minat dan bakat merupakan divisi yang menjaring dan mewadahi minat dan bakat yang dimiliki mahasiswa bidikmisi universitas Negeri malang. Di dalam mewadahi minat dan bakat, divisi ini berupaya mampu menumbuhkan nilai" sportifitas dan kreatifitas serta dapat menciptakan rasa kekeluargaan antar mahasiswa bidikmisi UM. 

Divisi Ilmu dan Pengetahuan (IP) 

Apa sih Divisi Ilmu dan Pengetahuan itu? Divisi ilmu dan pendidikan merupakan salah satu divisi yang ada pada Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang. Divisi ini bergerak dalam bidang keilmuan dan kependidikan. Apakah divisi ini hanya bergerak dalam bidang kependidikan dan keilmuan saja? Jawaban nya tentu tidak, karena divisi ini juga berperan aktif dalam bidang sosial masyarakat. Selain sosial masyarakat, divisi ini memfasilitasi mahasiswa bidikmisi dalam bidang kepenulisan yang khususnya merujuk pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Hal ini terbukti dalam beberapa program kerja divisi ini yang telah dilaksanakan dalam kepengurusan periode 2015 yaitu Pendampingan Penyusunan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Formadiksi Untuk Negeri (FUN) meliputi Bidikmisi Mengajar dan Bidikmisi Berbakti, serta ada Green Peace yang merupakan bukti kepedulian kita sebagai mahasiswa bidikmisi kepada lingkungan.

Penanggungjawab Fakultas dan Penanggungjawab Kampus 

Pada dasarnya organisasi mahasiswa di UM  diselenggarakan berdasarkan asas dari mahasiwa, oleh mahasiswa dan untuk mahasiswa, begitu pula dengan Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (FORMADIKSI UM). FORMADIKSI UM merupakan forum mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang. Formadiksi UM didirikan untuk menyatukan, menampung, mengembangkan, dan menyalurkan potensi serta aspirasi mahasiswa penerima Bidikmisi Universitas Negeri Malang.
Dalam rangka menjangkau seluruh mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang yang tersebar di masing-masing fakultas, kampus 2, dan kampus 3, maka terbentuklah Penanggungjawab Fakultas atau PJF dan Penanggungjawab Kampus atau PJK. PJF & PJK mempunyai fungsi sebagai perwakilan dari masing-masing fakultas yang mengkoordinir mahasiswa Bidikmisi di fakultas dan di kampus 2 serta kampus 3 dengan di bantu penanggungjawab jurusan maupun prodi. Untuk menjalankan tugas sebagai PJF dan PJK, salah satu cara agar bisa memberi informasi dan menampung aspirasi mahasiswa Bidikmisi di fakultas yaitu dengan mengadakan program kerja Ngopi Bareng Fakultas atau NGOPAS, Salam kenal di kampus 2, dan Salam Akrab di kampus 3.
 

0 komentar:

Posting Komentar