Rabu, 20 Mei 2015


Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas negeri malang atau Formadiksi UM lahir pada pada tanggal 30 mei 2011. Formadiksi adalah sebuah organisasi berbasis kekeluargaan yang menaungi dan merangkul mahasiswa bidikmisi UM, empat tahun lalu organisasi ini didirikan atas inisiatif teman-teman bidikimisi angkatan 2010 yang di koordinasi oleh Sahrul Romadhon sebagai ketua umum pertama, organisasi ini bertujuan untuk mempersatukan mahasiswa bidikmisi UM dan saling berbagi informasi terkait bidikmisi. Bukan perkara mudah melahirkan sebuah organisasi yang menampung ribuan mahasiswa. Semangat pantang menyerah, solid, dan terkoordinir para pendahulu era 2010 mampu menegakkan organisasi bidikmisi UM kala itu bernama Komadiksi (Komunitas Mahasiswa Bidikmisi) menjadi organisasi yang besar dan mampu mempersatukan teman-teman mahasiswa bidikmisi UM.
Pada tahun kedua Komadiksi dengan mas Sahrul sebagai ketua umum, Komadiksi semakin menunjukkan kinerjanya, Pada tahun ini komadiksi mencetuskan program kerja yang menjadi tonggak awal program kerja Formadiksi sampai saat ini. Di samping itu Komandiksi berkomitmen terus memberikan informasi dan menampung aspirasi mahasiswa bidikmisi, hal itu terlihat dengan pengorganisasian penanggung jawab di masing-masing fakultas sebagai upaya merealisasikan tujuan Komadiksi. Dua tahun kepemimpinan mas syahrul menunjukkan komitmen para perintis membangun organisasi komadiksi yang semakin semakin dipercaya kemahasiswaan dan mampu menjadi rujukan informasi mahasiswa bidikmisi.
Tahun 2013 Komadiksi berevolusi menjadi Formadiksi, dari yang hanya komunitas kini menjadi forum. Hal ini sebagai bukti esistensi sebuah organisasi bidikmisi di kampus UM sangat diperlukan. Di koordinatori oleh Nansi Masrifah sebagai ketua umum, Formadiksi mulai membentuk struktur kepengurusan. Adanya struktur kepengurusan akan memperjelas status formadiksi sebagai salah satu organisasi di UM. Keterlanjutan program kerja bikmisi mengajar, berbagi, dan ditambah bakti sosial semakin menunjukkan identitas organisasi yang juga bergerak di bidang sosial.
Penunjukan Wawan Purwato sebagai ketua umum tahun 2014 mengawali kiprah Formadiksi yang semakin besar. Pada tahun ini rintisan struktur dari tahun 2013 semakin dimantapkan. Penambahan proker, organisasi yang semakin terstruktur, kepercayaan mahasiswa bidikmisi dan kemahasiswaan, dan terbentuknya AD dan ART merupakan bukti nyata kinerja angkatan 2014. Pada tahun ke 4 Formadiksi semakin dipertimbangkan di eksternal kampus, mampu menjalin kerjasama dan menjadi rujukan organisasi bidikmisi kampus lain.
Empat tahun berdiri menunjukkan eksistensi Formadiksi yang berkomitmen untuk merangkul semua mahasiswa bidikmisi UM. Seperti pepatah tak ada gading yang tak retak, empat tahun berdiri bukannya tanpa halangan, halangan dan kekurangan mewarnai proses perjalanan Formadiksi. Tangggal 30 mei 2015 merupakan momen milad formadiksi ke 4. Momen ini sebagai ucapan rasa syukur kepada alloh atas ketercapaian yang telah diraih, selain itu sebagai sarana merefleksi diri dengan mengevaluasi kekurangan yang dialami sebagai langkah awal menuju tahun yang lebih baik.
Saat ini Formadiksi dipimpin oleh Faqih Sofyan Afifi, Formadiksi berkomitmen menjalankan visi dan misinya dalam rangka mewujudkan tujuan Formadiksi.
Happy birth day Formadiksi …. Semoga menjadi organisasi dan rumah bagi mahasiswa bidikmisi untuk saling memberikan informasi, menampung aspirasi, berbagi semangat, motivasi, saling membantu, dan mampu menunjukkan eksistensi di luar kampus. Semoga formadiksi sebagai salah satu sarana mewujudkan mahasiswa bidikmisi yang memberikan harapan bangsa atas beasiswa yang diterima dan mewujudkan generasi emas 2045.

0 komentar:

Posting Komentar